Apa itu Ansible?

cara install ansible

Apa itu Ansible? Jika Anda seorang System Administrator atau mungkin seorang Developer yang sering berhubungan dengan server, pasti sudah sering mengonfigurasi server. jika sudah terbiasa mengonfigurasi server bukanlah hal yang sulit.

Namun bagaimana jika harus mengonfigurasi puluhan bahkan ratusan server? Apakah akan melakukannya secara manual? Kapan itu bisa selesai, biasanya ada ceklis yang harus terpenuhi, apakah semua ceklis bisa terpenuhi tanpa ada kesalahan? Nah di sini Ansible hadir, Ansible hadir untuk memudahkan tugas-tugas seperti ini.

Mengenal Ansible

Ansible adalah sebuah perkakas yang dapat digunakan untuk mengotomatiskan banyak proses, seperti pembuatan infrastruktur, manajemen konfigurasi, dan deployment aplikasi. Dengan Ansible kita hanya perlu menulis berkas instruksi dan biarkan Ansible untuk melakukan tugasnya.

Sebagai contoh, perusahaan A memiliki kebutuhan untuk menginstal wordpress dan yang dibutuhkan nginx, php7, mariadb 10.2, port yang terbuka 80 dan 443, dll. Seringkali jika dikerjakan secara manual akan ada step yang terlewat atau masalah yang terjadi (human error), dan akan semakin sulit jika harus melakukan hal yang sama secara berulang dibanyak server.

Pekerjaan tersebut akan sangat merepotkan, bagaimana jika menggunakan Ansible? Jika menggunakan Ansible kita hanya perlu mendefinisikan apa saja yang harus dilakukan dalam sebuah berkas intruksi bernama Playbook, dan biarkan Ansible untuk menjalankan Playbooknya. Sebagai contoh kita akan membuat Plabook sesuai kebutuhan perusahaan A.

Pada Playbook di atas instruksi pertama menginstruksikan untuk memasang software yang dibutuhkan, lalu mengunduh wordpress, mengekstraknya, menyalin virtualhost, dan terakhir me-restart service Nginx. Cukup sederhana bukan?

Lalu bagaimana Ansible menerapkannya ke server?

Ansible menggunakan SSH untuk terkoneksi ke server dan menjalankan semua instruksi secara remote. tentu hal ini sama halnya dengan yang biasa kita lakukan saat me-remote server. dan lebih kerennya lagi, kita tidak perlu memasang Agen di setiap server, kita hanya perlu memasang Ansible di mana Ansible dijalankan.

Apa itu Ansible
ansible terhubung via ssh

Lalu bagaimana jika servernya banyak? Masih tetap sama, hanya saja kita perlu mengatur hostnya agar mengarah ke banyak server.

Apa itu Ansible
Ansible terhubung ke banyak server via ssh

Itulah sedikit penjelasan mengenai Ansible, Semoga bermanfaat :). Jika Anda tertarik dengan tool lain, Anda bisa langsung ke Mengenal Apa itu Docker.

1 Komentar
  • ansible ini salah satu tool yang wajib dikuasai devops engineer, sysadmin juga. mantap penjelasannya, singkat, tapi masih belum banyak tutorial ansiblenya ya gan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *