Cara Install Elasticsearch di Ubuntu

Cara Install Elasticsearch di Ubuntu, Elasticsearch merupakan platform search dan analytic engine terdistribusi, dan dapat digunakan untuk banyak tipe data, seperti textual, numerical, geospatial, terstruktur, dan juga tidak terstruktur. yang awalnya berbasis Apache Lucene yang dirilis pada tahun 2010.

Karena kemampuannya untuk menyimpan, mencari, dan menganalisa data dalam jumlah yang sangat besar secara real-time bahkan dalam hitungan milidetik, membuat Elasticsearch banyak digunakan perusahaan besar, terutama perusahaan e-commerce.

Elasticsearch merupakan komponen utama dari Elastic Stack atau lebih dikenal dengan sebutan ELK yang terdiri dari Elasticsearch sendiri dan juga Logstash serta Kibana, yang merupakan sekumpulan tool yang digunakan untuk konsumsi data, pengayaan, penyimpanan, analisis, dan visualisasi.

Kali ini kita akan membahas cara bagaimana memasang Elasticsearch di Ubuntu Bionic (18.04) dan juga Focal (20.04). untuk memasangnya silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Instalasi Elasticsearch

Elasticsearch berbasiskan pada Java, jadi untuk memasangnya kita membutuhkan OpenJDK, namun, OpenJDK ini akan dipasang langsung secara bersamaan saat kita memasang Elasticsearch.

Pertama, mutakhirkan paket apt.

$ sudo apt-get update

Kemudian, pasang paket yang dibutuhkan.

$ sudo apt-get install apt-transport-https ca-certificates wget

Lalu impor GPG key yang akan kita butuhkan untuk memverifikasi paket Elasticsearch.

$ wget -qO - https://artifacts.elastic.co/GPG-KEY-elasticsearch | sudo apt-key add -

JIka perintah di atas berhasil dijalankan, akan muncul pesan OK. Setelah menambahkan GPG Key, selanjutnya kita tambahkan repositori dari Elasticsearch.

$ sudo sh -c 'echo "deb https://artifacts.elastic.co/packages/7.x/apt stable main" > /etc/apt/sources.list.d/elastic-7.x.list'

Setelah repositori ditambahkan, kita mutakhirkan kembali paket apt.

$ sudo apt-get update

Terakhir kita pasang Elasticsearch dengan perintah di bawah.

$ sudo apt-get install elasticsearch

Setelah Elasticsearch dipasang, kita jalankan service-nya dengan perintah berikut.

$ sudo systemctl start elasticsearch

Menguji Elasticsearch

Untuk menguji Elastisearch telah berjalan dengan semestinya, kita bisa melakukan pengecekan dengan mengirimkan HTTP Request ke Elasticserch. Elasticsearch berjalan pada port 9200, jadi Anda bisa mengarahkannya ke port 9200.

$ curl -X GET "localhost:9200/"

Jika Anda mendapat pesan “curl: (7) Failed to connect to localhost port 9200: Connection refused“, silakan tunggu beberapa saat, dan jalankan kembali perintah di atas. Perintah di atas akan memunculkan output seperti berikut.

Cara Install Elasticsearch di Ubuntu

Mengaktifkan Remote Akses

Secara default Elasticsearch akan berjalan pada localhost saja, dan tidak bisa di akses dari komputer/server lain, jika Anda memiliki kebutuhan untuk mengakses Elasticsearch dari luar, Anda perlu mengubah konfigurasi listen pada Elasticsearch.

Ubah berkas konfigurasi Elasticsearch dengan perintah berikut.

$ sudo vim /etc/elasticsearch/elasticsearch.yml

Cari network.host, lalu hapus tanda pagar (#) dan ubah nilainya menjadi 0.0.0.0, seperti pada gambar di bawah.

Cara Install Elasticsearch di Ubuntu

Jika sudah, silakan simpan, dan restart service Elasticsearch dengan peritnah berikut.

$ sudo systemctl restart elasticsearch

Selamat Anda telah berhasil memasang Elasticsearch di Ubuntu.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *