Cara Install Haproxy 2 di Ubuntu

haproxy

Cara Install Haproxy 2 di Ubuntu, Haproxy adalah sebuah load balancer untuk aplikasi berbasis HTTP dan TCP. Haproxy sangat cocok untuk situs web yang memiliki trafik sangat tinggi, bahkan telah digunakan banyak situs yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia.

Hal tersebut juga dapat dibuktikan dari artikel yang diluncurkan Haproxy april lalu di blognya, tentang bagaimana Haproxy mampu menangani 2 juta request/detik dengan menggunakan instance AWS’s c6gn yang berjalan menggunakan 64-core CPU ARM Graviton2.

Sudah jelas bahwa keandalan dari Haproxy sudah tidak diragukan lagi. Saat ini, Haproxy telah menyentuh versi 2 atau lebih tepatnya versi 2.4. Di versi baru ini banyak fitur baru yang ditambahkan, dan membuat Haproxy lebih dinamis, lebih reliable, lebih fleksibel, dan lebih scalable.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Haproxy, untuk menggantikan load balancer sebelumnya, entah itu software ataupun hardware. Anda bisa mulai dengan memasangnya. Untuk memasangnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah.

Cara Install Haproxy di Ubuntu

Haproxy telah tersedia di repository Ubuntu. Namun, versi yang tersedia masih versi lama. Sebagai contoh pada Ubuntu 18.04 yang tersedia Haproxy versi 1.8 dan pada Ubuntu 20.04 yang tersedia versi 2.0.

Untuk memasang versi paling mutakhir, kita perlu menambahkan repository dari PPA. Pertama, tambahkan repositori sesuai versi Ubuntu yang Anda gunakan.

Ubuntu 18.04 Bionic

Pasang terlebih dahulu paket yang dibutuhkan.

$ sudo apt-get install --no-install-recommends software-properties-common

Selanjutnya, tambahkan repositorinya dengan perintah berikut.

$ sudo add-apt-repository ppa:vbernat/haproxy-2.4

Repositori berhasil ditambahkan.

Ubuntu 20.04 Focal

Pasang paket yang dibutuhkan dengan perintah di bawah.

$ sudo apt-get install --no-install-recommends software-properties-common

Tambahkan PPA berikut, PPA yang digunakan sama dengan PPA untuk Ubuntu 18.04

$ sudo add-apt-repository ppa:vbernat/haproxy-2.4

Setelah perintah di atas dijalankan, repositori telah berhasil ditambahkan.

Tahap terakhir adalah memasang Haproxynya. Seperti biasa kita bisa memasangnya dengan menggunakan apt.

$ sudo apt-get install haproxy=2.4.\*

Sampai di sini tahap instalasi telah selesai. Selanjutnya Anda bisa mulai menggunakan Haproxy sebagai load balancer, entah itu untuk aplikasi HTTP, atau sebagai Load balancer untuk MariaDB Cluster.

Anda bisa mengecek status dari Haproxy dengan menggunakan perintah berikut.

$ sudo systemctl status haproxy

Untuk konfigurasi Haproxy, terletak di /etc/haproxy/haproxy.cfg. Jadi semisal Anda akan melakukan konfigurasi, Anda bisa mengonfigurasinya di sana.

Itulah tutorial Cara Install Haproxy 2 di Ubuntu. Untuk tahap konfigurasi akan di bahas di artikel selanjutnya.

Informasi tambahan Haproxy dapat di monitoring menggunakan Prometheus, dengan begitu kita bisa mendapat informasi kinerja dari Haproxy secara lebih detail.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *