Cara Install WordPress di AWS

Cara Install WordPress di AWS, WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang sangat populer, awalnya WordPress hanya diperuntukan untuk blogging saja, namun seiring waktu WordPress banyak digunakan untuk berbagai hal, seperti digunakan untuk platform e-commerce, learning, company profile, dan masih banyak lagi.

Kemudahan pengelolaan, gratis, bisa dihosting di mana pun, banyaknya dukungan plugin dan themes inilah yang membuat WordPress tidak pernah kehilangan popularitasnya. Jika Anda menggunakan WordPress lalu menemukan kesulitan, Anda tidak perlu khawatir, karena banyak sekali situs yang membahas WordPress dan Anda tidak akan sulit untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Namun, bagi Anda yang masih baru memulai, mungkin akan sedikit kebingungan karena WordPress harus dipasang terlebih dahulu, kita harus menyediakan database, mengunggah wordpress, setelah itu baru wordpress bisa dipasang.

Nah, selain masalah di atas kadang juga bingung memilih penyedia hosting yang tepat, karena jika Anda menjalankan bisnis menggunakan WordPress, lalu salah memilih penyedia hosting, yang ada malah membuat bisnis bermasalah, karena sering down atau masalah lainnya, yang membuat situs sulit diakses.

Daripada bingung, Anda bisa langsung menggunakan penyedia hosting/layanan komputasi yang sudah dipercaya ditingkat internasional, yaitu Amazon Web Service atau sering disebut dengan AWS yang didirikan oleh Amazon, AWS menyediakan banyak sekali layanan komputasi yang tersebar di seluruh dunia.

AWS sudah dipercaya banyak perusahaan besar, dan merupakan layanan komputasi nomor 1 di dunia. Oleh karena itu, di sini kita akan mencoba untuk menginstall wordpress di AWS.

Daftar ke Amazon Web Service

Jika Anda belum memiliki akun AWS, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Namun, untuk mendaftar Anda perlu kartu kredit/debit berlogo Visa atau Mastercard. Untuk mendaftar silakan kunjungi halaman ini.

Membuat Instance Lightsail

Ada 2 layanan yang dapat digunakan, yang pertama EC2 dan yang kedua Lightsail, di sini kita akan menggunakan Lightsail. Silakan klik Service lalu pilih Lightsail.

Cara Install WordPress di AWS
AWS Dashboard

Selanjutnya, kita akan membuat Instance server atau VPS baru, untuk itu kilk tombol Create Instance.

Cara Install WordPress di AWS
Lightsail Dashboard

Kemudian, pada pemilihan lokasi server, kita akan memilih lokasi yang dekat dengan Indonesia, yaitu Singapore. Jika Anda ingin menggunakan lokasi lain, Anda bisa mengubahnya dengan mengeklik Change AWS Region and Availability Zone.

Pada Select a platform, silakan Anda pilih Linux/Unix, dan pada Select a blueprint pilih App+OS lalu WordPress. Pastikan Anda memilih WordPress, bukan WordPress multisite.

Cara Install WordPress di AWS
Create Instance Lightsail

Selanjutnya, silakan scroll ke bawah, lalu cari Choose your instance plan. Di sini saya memilih instance server atau VPS yang paling murah, yaitu $3.5, Anda bisa memilih yang lain, sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa melihat perbandingan spesifikasi server tepat di bawah harga yang tertera.

Jika sudah memilih, silakan isi nama server, di sini saya menggunakan nothinux-wp.

Cara Install WordPress di AWS
Create Instance Lightsail

Terakhir, klik Create Instance.

Cara Install WordPress di AWS
Create Instance Lightsail

Tunggu hingga instance berhasil dibuat, Jika pembuatan instance telah berhasil, Anda akan bisa langsung melihatnya di Dashboard.

Mendapatkan kredensial

Agar bisa login ke wordpress, kita membutuhkan kredensial untuk login ke halaman admin, di sini kita akan coba untuk mendapatkan kredensialnya. Sekarang silakan klik instance yang telah dibuat tadi.

Cara Install WordPress di AWS
Lightsail Dashboard

Selanjutnya klik tombol Connect using SSH.

Cara Install WordPress di AWS
Connect using SSH

Sebuah jendela browser akan muncul. Selanjutnya silakan ketikan cat bitnami_application_password lalu tekan Enter. Sebuah password akan muncul.

login ke consol lightsail
LIghtsail SSH COnsole

Silakan Anda salin dan simpan password yang muncul. JIka sudah silahkan tutup jendela browsernya.

Setelah itu silakan salin Public IP yang tertera pada instance.

mendapat public ip lightsail
Lightsail Instance

Sekarang Anda sudah bisa mengakses situs Anda dengan menggunakan Public IP. Sekarang kita coba akses halaman admin, dengan menggunakan http:// + Public IP + /wp-admin. Jika sudah terbuka silakan isikan Username dengan user dan Password dengan Password yang telah didapat sebelumnya.

mengakses dashboard wordpress lighrsail
WordPress Login

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman admin.

mengakses dashboard wordpress lighrsail
Wodpress Admin

Selamat Anda telah berhasil menginstall wordpress di AWS. Namun, kenapa masih menggunakan alamat IP? Untuk mengubahnya ke alamat domain, Anda harus melakukan Pointing Domain ke IP VPS, lalu mengubah url wordpress ke nama domain.

sekian, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *