Cara Konfigurasi SSH Server di Debian 10

debian

Cara Konfigurasi SSH Server di Debian 10, SSH atau Secure Shell merupakan sebuah protokol jaringan yang memungkinkan administrator sistem untuk mengakses komputer jarak jauh dengan aman. Dengan SSH administrator sistem tidak perlu berada di tempat yang sama untuk mengelola komputer atau server.

Untuk bisa saling terhubung diperlukan SSH Server dan juga SSH Client, SSH Server biasanya dijalankan di komputer target atau tujuan, sedangkan SSH Client dijalankan komputer yang akan melakukan kontrol jarak jauh (remote).

Nah, kali ini kita akan coba untuk mengonfigurasi SSH Server di Debian 10 dengan codename Buster. Namun, sebelum itu pastikan alamat IP telah terkonfigurasi, jika belum Anda bisa merujuk ke ke Cara Konfigurasi IP Address di Debian 10.

Berikut langkah-langkah untuk memasang dan mengonfigurasi SSH di Debian 10.

Pertama, Pastikan Anda menggunakan akun root. Jika belum menggunakan akun root, jalankan perintah di bawah dan isikan password root.

$ su

Pasang SSH dengan perintah berikut.

# apt-get install ssh

install ssh di debian

Selanjutnya, pastikan service SSH telah aktif.

# systemctl status sshd

Jika Anda ingin login sebagai root saat menggunakan SSH, silakan ubah konfigurasi SSH agar seperti berikut. Buka konfigurasi SSH.

# nano /etc/ssh/sshd_config

Lalu cari konfigurasi PermitRootLogin, hapus tanda pagar (#) dan setel nilainya ke yes.

PermitRootLogin yes

Cara Konfigurasi SSH Server di Debian 10

Kemudian, restart service SSH.

# systemctl restart sshd

Terakhir, silakan coba SSH dari komputer lain dengan perintah berikut, jangan lupa sesuaikan alamat IP, dengan alamat IP yang Anda gunakan.

$ ssh root@192.168.1.100

Selamat SSH telah berhasil dikonfigurasi.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *