Cara Login SSH Tanpa Password

Cara Login SSH Tanpa Password, SSH atau dikenal juga sebagai Secure Shell merupakan sebuah protokol jaringan yang mengizinkan seorang administrator untuk mengakses remote komputer secara aman, SSH secara default menggunakan port 22.

SSH banyak digunakan oleh system administrator untuk mengelola server secara jarak jauh melalui jaringan, jadi administrator tidak perlu berhubungan secara langsung dengan server fisik, server hanya perlu terhubung dengan jaringan yang sama dengan jaringan yang digunakan administrator, yang umumnya menggunakan jaringan internet.

Ketika servernya berada di negara yang berbeda, kita tidak perlu repot repot datang ke negara tersebut hanya untuk me-remote server, karena hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan SSH, dengan SSH administrator dapat menjalankan perintah secara jarak jauh dan juga dapat digunakan untuk memindahkan data dari server A ke server B menggunakan SCP atau RSYNC.

Bagi Anda yang mengelola banyak server mungkin akan repot jika harus mengingat password tiap server, dan ketika anda membuat catatan yang berisi list password hal ini akan membahayakan jika catatan tersebut hilang atau diambil oleh orang yang tidak berhak.

Dengan login tanpa password ( passwordless ) Anda tidak perlu lagi mengingat password dan mencatat password, dan hal ini akan membuat server Anda lebih aman dan memudahkan Anda untuk melakukan otomasi.

Komputer : 192.168.100.1
Remote Server : 192.168.100.2

Buat SSH Key

Pertama, buat ssh keygen pada komputer Anda.

computer $ ssh-keygen -t rsa

Buat DIrektori SSH di Remote Server

Selanjutnya masuk ke server, dan buat direktori .ssh.

server $ mkdir .ssh

Unggah Public Key yang telah di buat tadi

Gunakan SSH dari komputer dan unggah public key ke server.

computer $ cat .ssh/id_rsa.pub | ssh nothinux@192.168.100.2 'cat >> .ssh/authorized_keys'
nothinux@192.168.100.2's password: [isikan password anda]

Selanjutnya coba Anda login dari komputer ke remote server.

computer $ ssh nothinux@192.168.100.2

Anda akan otomatis login ke server tanpa harus mengetikan password lagi.

semoga bermanfaat 🙂

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *