Cara Menginstall PHP 7.4 di Ubuntu 18.04/20.04

php

Cara Menginstall PHP 7.4 di Ubuntu, PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman populer dan sangat cocok digunakan untuk pengembangan web, bahkan sampai saat ini php masih memegang market share terbesar. PHP 7.4 sebenarnya sudah lama dirilis, namun tidak ada salahnya kita membahas mengenai cara instalasi PHP 7.4 ini di distribusi Ubuntu 18.04 dan juga 20.04. Saat artikel ini ditulis versi terakhir yang dirilis adalah versi 7.4.16.

Untuk menginstallnya kita bisa menggunakan menajer paket bawaan Ubuntu yaitu APT. Silakan Anda ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Install PHP 7.4. di Ubuntu 18.04

Secara default PHP telah tersedia di repositori Ubuntu 18.04. Namun, versi yang tersedia merupakan versi 7.2, jadi untuk menginstall versi di atasnya, kita harus menginstallnya dari sumber lain. Di sini kita akan menginstall dengan menggunakan PPA dari ondrej/php.

Pertama, silakan tambahkan repositori PPA ondrej/php.

$ sudo apt-get install software-properties-common
$ sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php
$ sudo apt-get update

Kedua, install paket PHP 7.4 dengan menggunakan perintah berikut.

$ sudo apt-get install php7.4

Dengan menjalankan perintah di atas, PHP 7.4 akan langsung terinstall di Ubuntu Anda. Namun, perintah di atas tidak menyertakan ektensi, untuk menginstal ektensi PHP, Anda bisa menjalankan perintah berikut.

$ sudo apt-get install php7.4-ektensi

Sebagai contoh, berikut penginstalan beberapa ektensi yang sering dibutuhkan pada proses pengembangan web berbasis PHP.

$ sudo apt-get install php7.4-curl php7.4-common php7.4-mysql php7.4-gd php7.4-cli php7.4-fpm

Untuk melihat ektensi lain yang tersedia, Anda bisa menajalan perintah di bawah.

$ sudo apt-cache search php7.4

Cara Install PHP 7.4 di Ubuntu 20.04

Berbeda halnya dengan Ubuntu 18.04, Ubuntu 20.04 memiliki PHP versi 7.4 di repositorinya, oleh karena itu, kita tidak perlu lagi menambahkan repositori dari sumber lain, kita bisa langsung menginstallnya.

Silahkan jalankan perintah berikut untuk menginstall PHP 7.4.

$ sudo apt-get install php

Install ektensi PHP yang dibutuhkan.

$ sudo apt-get install php-curl php-common php-mysql php-gd php-cli php7.4-fpm

Nah, itulah cara penginstalan PHP 7.4 di Ubuntu 18.04 dan juga 20.04. Jika Anda melakukan pengembangan web berbasis PHP, Anda masih membutuhkan sebuah Web Server baik itu Apache atau pun Nginx, untuk caranya Anda bisa merujuk ke Cara Install dan Konfigurasi Nginx di Ubuntu.

Semoga bermanfat ๐Ÿ™‚ jika artikel ini membantu Anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar bermanfaat juga untuk yang lain.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *