Cara Pointing Domain ke IP VPS

Cara Pointing Domain ke IP VPS, Untuk menghubungkan domain ke VPS bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, tergantung di mana Anda mengelola Record Domain. Bisa di Domain Registrar, atau di DNS Authoritative seperti CloudFlare.

Lalu bagaimana Cara menghubungkannya? Caranya sedikit berbeda, tergantung di mana Anda mengelola domain, di sini saya akan menjelaskan dua cara yaitu:

  • Pointing Domain ke IP VPS melalui Domain Registrar
  • Pointing Domain ke IP VPS melalui CloudFlare

Domain Registrar merupakan tempat di mana Anda membeli domain, dan jika Anda mengelolanya di Domain Registrar, Domain Anda akan memiliki Nameserver yang disediakan oleh registrar. Sebagai contoh, saya menggunakan CloudKilat.

Ketika mengeceknya dengan WHOIS, domain saya akan memiliki nameserver ns1.kilatdomain.id dan ns2.kilatdomain.id. Sedangkan jika menggunakan CloudFlare akan memiliki Nameserver seperti anna.ns.cloudflare.com dan gerald.ns.cloudflare.com.

Mengecek Nameserver

Untuk memastikan di mana domain dikelola, Anda bisa mengeceknya melalui Nameserver yang digunakan, Cara mengeceknya adalah dengan cara mengakses whois.com/whois/namadomain.com di browser.

Sebagai contoh, berikut hasil whois untuk nothinux.id.

Cara Pointing Domain ke IP VPS

Dari keterangan di atas nothinux.id menggunakan CloudFlare.

Mengecek IP VPS

Sekarang Anda telah mengetahui di mana domain dikelola. Selanjutnya kita harus mengetahui alamat IP yang digunakan VPS. Sebagai Contoh untuk pengguna Linode dapat melihat alamat IP pada kolom IP.

pointing domain ke vps linode

Untuk pengguna AWS Lightsail, Anda bisa melihatnya melalui dashboard Lightsail. Jika Anda belum memiliki VPS sebelumnya, Anda bisa merujuk ke Cara Membuat VPS di AWS Lightsail.

Cara Pointing Domain ke IP VPS

Begitu juga untuk provider lain, Anda bisa mengeceknya melalui halaman Dashboard VPS.

Pointing Domain ke IP VPS di Domain Registrar

Setiap Domain Registrar memiliki panel DNS yang berbeda. Namun pastikan Anda menemukan halaman untuk mengelola DNS, yang biasanya bernama DNS Manager atau yang lain. Anda bisa merujuk ke dokumentasi Domain Registrar yang Anda gunakan.

Namun, pastikan Anda mengisikan record seperti berikut.

Host/DomainRecord TypeIP AddressTTL
@A127.0.0.1300
wwwCNAMEdomain.com300

Anda tinggal mengubah 127.0.0.1 menjaladi alamat IP VPS Anda, dan domain.com dengan domain Anda.

Cara Pointing Domain Registrar ke IP VPS

Sampai di sini proses pointing telah selesai, silakan tunggu beberapa saat, kemudian coba akses domain Anda.

Pointing Domain ke IP VPS di CloudFlare

Untuk pengguna CloudFlare, Silakan Login terlebih dahulu, lalu masuk ke halaman DNS. Lalu klik Add record. Tambahkan record seperti pada tabel di bawah.

Host/DomainRecord TypeIP AddressTTL
@A127.0.0.1300
wwwCNAMEdomain.com300

Anda bisa menambahkannya seperti pada gambar. Jangan lupa untuk mengganti IP Address dengan alamat IP VPS dan domain.com dengan nama domain Anda.

Sampai di sini domain telah terpointing ke alamat IP VPS.

Selamat mencoba.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *