Cara recovery data yang terhapus di Linux

disk

Cara recovery data atau mengembalikan file yang terhapus di Linux, awal cerita saya mencoba membuat bootable live usb Kubuntu menggunakan dd. Saya jalankan dd dengan target /dev/sdc. dengan asumsi flashdrive saya berada di /dev/sdc, karena /dev/sdb hardisk kedua yang berada pada laptop.

Saya sempat aneh kenapa lama sekali, yang biasanya tidak memakan waktu lama, saya tidak menaruh curiga dan akhirnya saya coba tunggu sambil berselancar di internet. Ketika selesai, saya eject dan reboot laptop untuk mencoba live usbnya, ternyata tidak bisa, akhirnya saya boot lagi ke sistem operasi yang saya gunakan dan melakukan hal yang sama lagi, tapi tetap tidak bisa.

Akhirnya mencoba alternatif lain untuk membuat bootable Ubuntu menggunakan startup disk creator, akhirnya bisa dan selesai, dan beberapa hari saya biasa saja tidak merasakan kejanggalan. Sampai akhirnya ketika membutuhkan data di hardisk kedua saya heran ko label dari partisinya berubah menjadi Ubuntu, saya coba lihat dan isinya bootable Ubuntu. dan ternyata saya baru ingat, kejadian seminggu lalu itu saya salah memilih target disk yang akan dijadikan bootable.

Jadi sebenarnya ketika membuat bootable dengan dd itu hardisk yang dijadikan target, bukan flashdrive, ini terjadi karena boot order kedua flash drive, dan flashdrive terpasang ketika awal laptop dinyalakan, jika tidak terpasang hardisk kedua yang akan menggantikan boot order kedua yang akan menjadi /dev/sdb, karena flashdrive terpasang akhirnya hardisk yang menjadi /dev/sdc dan terformat. Sudah tidak harapan lagi semua data di hardisk kedua hilang ๐Ÿ™ dan sedihnya saya tidak mempunyai backup.

Lalu saya pun mencoba beberapa metode untuk mengembalikan berkas-berkas yang hilang, dan beberapa di antaranya bisa kembali. Jika Anda mengalami kesialan yang sama seperti saya, ayo tos dulu ๐Ÿ™

Ada beberapa perkakas atau tool yang bisa dicoba untuk mengembalikan dia yang hilang, dan saya menemukan satu perkakas yang cocok dan mudah digunakan, perkakas tersebut bernama foremost, sebelumnya sempat menggunakan testdisk namun entah kenapa tidak ada satu pun berkas yang kembali.

Apa semua data yang hilang bisa kembali?

Jawabannya tidak, proses recovery data atau mengembalikan data yang hilang ini tidak benar-benar mengembalikan semua data, dan kemungkinan data yang kembali juga dalam keadaan rusak dan tidak utuh, peluang data kembali dengan keadaan utuh sangat kecil dan kembali pun dengan nama acak. tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, apalagi jika yang terhapus berkas yang benar-benar penting.

Recovery data dengan Foremost

Oke, bagaimana caranya? Pertama silakan install foremost terlebih dahulu, Anda bisa memasangnya dengan perintah berikut.

Debian/Ubuntu

$ sudo apt-get install foremost

Fedora

$ sudo dnf install foremost

Arch

$ sudo pacman -S foremost

Selanjutnya kita mulai eksekusi, pastikan Anda telah mengetahui partisi mana yang akan dicoba direcovery datanya. Jalankan perintah berikut

$ sudo foremost -i /dev/sdb

Silakan ubah /dev/sdb dengan partisi Anda, jalankan dan tunggu hingga selesai. Foremost akan mencoba mencari berkas yang hilang dan mengembalikannya ke sebuah direktori bernama output. dan akan dikelompokan ke direktori berdasarkan ektensinya. Berikut hasil di laptop saya.

Cara recovery data yang terhapus di Linux
Hasil recovery data foremost

Seperti yang saya singgung, Pada gambar di atas semua berkas yang direcovery dikelompokan ke direktori berdasarkan ektensinya, dan Anda pun bisa melihat, salah satu hardisk saya yang terformat bernama Kubuntu ๐Ÿ’€.

Ketika melihat isi direktorinya akan seperti pada gambar di bawah, semua berkas yang dikembalikan menggunakan nama acak dan dalam kasus ini angka semua.

Cara mengembalikan file yangterhapus di Linux
isi dari direktori pdf foremost

Lalu yang paling melelahkan, Anda harus mengeceknya satu-satu, karena berkas kembali dengan nama yang berbeda. Jika Anda beruntung akan ada banyak berkas yang kembali dengan konsisi utuh, saya sendiri masih belum mengecek semuanya.

Itulah dia cara mengembalikan berkas yang hilang, saya tidak menjamin semua data Anda akan kembali, dan saya sudah menjelaskannya di awal, jadi selamat mencoba, Good Luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *