Mengenal Apa itu Docker

docker

Mengenal Docker, Apa itu Docker? Docker merupakan platform yang memudahkan untuk membungkus aplikasi secara keseluruhan beserta library dan konfigurasi yang dibutuhkan menjadi satu kesatuan, sehingga lebih mudah dipasang dan direplikasi di berbagai tempat.

Tidak seperti Virtual Machine, Docker melakukan virtualisasi pada tingkat sistem operasi, yang disebut dengan kontainerisasi (Containerization) dan tidak menggunakan kernel sendiri. Docker pada hakikatnya memanfaatkan fitur yang ada pada kernel linux, seperti namespaces dan juga cgroup.

Karena tidak menggunakan kernel sendiri, membuatnya jauh lebih cepat dan ringan dibandingkan dengan Virtual Machine. Mari kita lihat perbandingannya.

Apa yang membedakan Docker dengan Virtual Machine ?

apa itu docker
Virtual Machine (kanan) vs Docker (kiri)

Virtual Machine memiliki sistem operasi penuh dengan manajemen memori tersendiri yang terpasang di perangkat virtual yang berjalan di atas Hypervisor, Dalam Virtual Machine sumber daya yang diberikan dapat digunakan oleh sistem operasi (Guest OS) secara keseluruhan. Virtual Machine menggunakan kernel dan perangkat keras virtual secara mandiri.

Bedanya dengan Docker, Docker dijalankan di atas Docker Engine/Container Engine dan bukan Hypervisor, karena tidak menggunakan kernel sendiri, hanya menggunakan kernel dari Host sistem operasi, dan juga tidak membutuhkan perangkat keras virtual, membuatnya jauh lebih ringan. Terlebih lagi yang dijalankan hanya aplikasi, library serta konfigurasi saja.

Setelah memahami Docker, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui.

Meng-kontainerisasi (Containerize) Aplikasi

Proses membungkus kode/aplikasi beserta library dan konfigurasi yang dibutuhkan ke dalam satu paket, agar dapat berjalan secara konsisten di infrastruktur mana pun.

Apa itu Docker Images ?

Docker Images adalah berkas yang tidak berubah yang pada dasarnya merupakan snapshot dari sebuah Container, Images dibuat dengan perintah build, dan akan menghasilkan sebuah Container ketika dijalankan. Jadi ketika tidak dijalankan bernama Images, sedangkan saat dijalankan bernama Container.

Apa itu Docker Container ?

Docker Container adalah sebuah instance atau proses yang dijalankan dari Docker Images secara terisolasi, Container dapat dijalankan, dijalankan ulang, diberhentikan dan dapat menjalankan banyak Container dari satu Docker Images

Apa itu Docker Registry ?

Docker Registry adalah tempat menyimpan dan mendistribusikan Docker Image. Contoh Docker Registry yang bisa Anda akses adalah Docker Hub.

Apa itu Docker Dockerfile ?

Dockerfile adalah sebuah berkas yang berisi sekumpulan intruksi untuk membuat sebuah Docker Images, dengan Dockerfile kita dapat membuat sebuah Images dengan kebutuhan tertentu. berikut merupakan contoh dari Dockerfile.

# Nginx Dockerfile
# https://github.com/dockerfile/nginx

# Pull base image.
FROM dockerfile/ubuntu

# Install Nginx.
RUN \
add-apt-repository -y ppa:nginx/stable && \
apt-get update && \
apt-get install -y nginx && \
rm -rf /var/lib/apt/lists/* && \
echo "\ndaemon off;" >> /etc/nginx/nginx.conf && \
chown -R www-data:www-data /var/lib/nginx

# Define mountable directories.
VOLUME ["/etc/nginx/sites-enabled", "/etc/nginx/certs", "/etc/nginx/conf.d", "/var/log/nginx", "/var/www/html"]

# Define working directory.
WORKDIR /etc/nginx

# Define default command.
CMD ["nginx"]

# Expose ports.
EXPOSE 80
EXPOSE 443

Itulah beberapa hal mengenai Docker, semoga setelah membaca ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai Docker. Jika Anda tertarik Anda bisa melanjutkan ke proses pemasangan Docker di Debian.

 

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *